Mengapa Nabi Muhammad Bergelar SAW?

Posted by Dastan on 0

SAW merupakan sebuah singkatan yang terkumpul dari bahasa arab “Shallallaahu ‘alaih wa sallam” yang artinya Allah memberikan sholawat dan memberikan keselamatan kepadanya. Arti ini bukan berarti nabi tidak berada dalam keselamatan, justru nabi Muhammad SAW sudah mendapatkan jaminan berada di antara malaikat. Lalu kenapa harus mengucapkan kalimat ini?

Ada dua hal yang harus dipahami. Pertama, di hari kiamat nanti nabi Muhammad merupakan pemberi Syafaat utama. Oleh sebab itu bagi manusia yang sering mengucapkan kalimat tersebut (bersholawat) maka baginya akan mendapatkan syafaat nabi Muhammad di hari akhir nanti. Bahkan malaikatpun bersholawat kepada nabi karena begitu mulianya, seperti kita memanggil pak Menteri, pasti bukan namanya, tapi gelarnya pak Menteri. Nah, nabi Muhammad juga demikian.

Kedua, nabi Muhammad SAW merupakan suri tauladan yang paling utama untuk manusia, khususnya umat Islam, bahkan di dalam seratus tokoh paling berpengaruh di dunia, Nabi Muhammad berada diurutan pertama. Oleh sebab itu dengan bersholawat kita juga akan mengingat selalu nabi Muhammad beserta sifat-sifatnya agar bisa menirunya. Sehingga bagi manusia, dan umat Islam khususnya, bersholawat tidak hanya sebatas kewajiban, namun juga pelajaran.

Wallahu a’lam

About the Author

Ma'mun Affany WA di 085747777728

pin: 56C7E212

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

back to top