Mengapa Nabi Muhammad Nabi Terakhir?

Posted by Dastan on 0

Dalam surat al Qur’an tepatnya di surat al Ahzab ayat 40 dijelaskan bahwa nabi Muhammad pada hakikatnya merupakan nabi terakhir yang berarti tidak ada lagi nabi-nabi lagi yang datang setelahnya, atau jika ada yang mengaku nabi itu artinya hanya pengakuan tidak benar.

Mengapa Nabi Muhammad adalah nabi terakhir? Hal ini dikarenakan telah sempurnanya ajaran agama Islam, baik secara agama maupun secara tata cara kehidupan. Sehingga kesempurnaan tersebut tidak perlu ditambah ataupun dikurangi. Wujudnya dalam bentuk al Qur’an dan as Sunnah, oleh sebab itu tidak ada serangan terhadap ayat al Qur’an secara keseluruhan, paling hanya secuil, itupun tidak berhasil, dan pasti yang diserang adalah nabi Muhammad sebagai nabi terakhir.

Keinginan untuk menggugat status Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir sangatlah wajar, jika status nabi terakhir bisa digugurkan, maka akan bisa memunculkan nabi baru, dan mengganti al Qur’an sebagai wahyu. Biasanya alasan yang diberikan adalah arti Khatam dalam ayat “Khatamun Nabiyyin” (al Ahzab 40) yang berarti hanya sebuah cincin, dengan kata lain penghias nabi-nabi sebelumnya. Padahal arti dalam ayat tersebut adalah penutup.

Hal ini terjadi karena kurang jelinya mengartikan khatam yang memang jika dikamus ditemukan dua arti, cincin dan penutup. Namun demikian, jika kata khatam dikaitkan dengan manusia (dalam ayat tersebut nabi), maka hal itu berarti penutup. Tapi jika kata tersebut berdiri sendiri berarti memang cincin.

Lebih jauh lagi, sebenarnya mengapa cincin dalam bahasa arab disebut khatam, hal ini karena cincin pada awalnya berarti pengakhir. Dulu cincin dipakai oleh para pejabat dengan mata sebuah cap setempel, jika pernah melihat film Angel and Demon yang dibintangi oleh Tom Hanks pasti tahu. Dan surat akan ditutup oleh sebuah stempel yang dipakai sebagai cincin. Oleh sebab itu meskipun Khatam ada yang berarti cincin (lihat: Fairuzabadi, Qomus Al Lughah), namun pada dasarnya berarti penutup. Sehingga ayat tersebut bermakna penutup para nabi-nabi.

About the Author

Ma'mun Affany WA di 085747777728

pin: 56C7E212

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

back to top