Mengapa Nabi Muhammad Menikahi Aisyah?

Posted by Dastan on 0

Ada beberapa hal yang menjadi perdebatan dalam persoalan ini. Paling meruncing adalah usia Aisyah RA ketika dinikahi, di usia 6 tahun atau 9 tahun atau 14 tahun. Usia 6 tahun pada hakikatnya adalah usia saat Rasulullah melamar Aisyah, dan perdebatan yang terjadi adalah pernikahan Rasulullah yang banyak menganggap di usia 9 tahun atau 14 tahun. Bagaimanapun rentang usia tersebut, Aisyah masih sangat muda untuk seorang gadis. Tapi benarkah demikian?

Ternyata tidak. Di zaman nabi, pernikahan anak perempuan di usia sangat muda sudah menjadi hal yang biasa. Hal ini karena di daerah tropis memiliki masa baligh yang lebih cepat dibanding dengan daerah dengan hawa sangat dingin. Bahkan Umar bin Khaththab ra juga menawarkan anaknya Hafshah yang ketika itu masih sangat muda, seusia Aisyah, untuk dinikahi Utsman RA. Dan Umar sendiri menikahi anak Ali bin Abi Thalib yang memiliki perbedaan usia seperti kakek dan cucu.

Yang harus digarisbawahi, sebelum Aisyah dilamar oleh Nabi Muhammad (di usia 6 tahun) sebenarnya sudah dilamar oleh Jubair bin Muth’im. Namun demikian hal ini tidak berlanjut ke jenjang pernikahan karena orang tua Jubair tidak mau anaknya memeluk agama Islam. Hingga kemudian Abu Bakar sebagai Ayah membatalkan secara baik-baik lamaran.

Lalu kenapa di saat itu gadis-gadis menikah di usia yang masih sangat muda? Hal ini karena pada masa itu banyak sekali terjadi perang antar suku, sifat suku-suku arab juga masih nomaden (berpindah-pindah), sehingga ada kekhawatiran akan dianiaya jika tidak ada pelindungnya, bahkan lebih jauh akan diperkosa. Oleh sebab itu pernikahan nabi Muhammad dengan Aisyah bukanlah sesuatu yang aneh, apalagi jika melihat Usamah yang saat itu berumur 19 sudah menjadi panglima perang, sedangkan anak sekarang umur 19 tahun masih suka tongkrongan.

About the Author

Ma'mun Affany WA di 085747777728

pin: 56C7E212

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

back to top