Mengapa Islam Bisa Cepat Diterima Oleh Masyarakat Indonesia?

Posted by Dastan on 0

Pada masa sebelum Islam datang, Indonesia sudah terlebih dahulu diwarnai dengan agama Hindu dan Budha. Bukti nyatanya tentu saja banyaknya candi yang ada di Indonesia. Namun demikian persoalannya, mengapa penduduk Indonesia yang sedemikian banyak mayoritas memeluk islam? Bahkan terkesan Islam sangat mudah diterima oleh Masyarakat Indonesia.

Sebelum menjawab pertanyaan ini maka kita harus mengenal terlebih dahulu karakter orang Indonesia pada umumnya. Orang Indonesia terkenal sedari dulu sangatlah ramah, terutama orang jawa sebagai mayoritas penyebaran agama Islam. Keramahan yang dimililki itulah kemudian menjadikan orang Indonesia bersifat permisiv, mudah menerima jika tidak menyinggung harga dirinya.

Namun demikian, sebenarnya ada beberapa faktor utama mengapa agama Islam begitu mudah tersebar. Pertama, dalam agama Islam tidak terdapat unsur kasta yang membedakan antara rakyat miskin dan kaya, terhormat atau terhina. Sehingga orang Indonesia menyukainya. Kedua, cara masuk Islam sangatlah mudah, cukup mengucap dua syahadat saja tanpa ritual-ritual pelik yang lainnya.

Selanjutnya, Indonesia memiliki akar budaya yang kuat, dan Islam yang dibawa oleh para wali ketika itu justru tidak melarang segala budaya yang ada, tapi justru membiarkan budaya tersebut ada, namun mewarnainya dengan ajaran agama Islam. Contoh seperti wayang yang dihiasi dengan jimat kalimosodo yang sebenarnya artinya jimat kalimat syahadat. Ada juga nyanyian jawa Lir Ilir yang jika diteliti artinya sangat religious.

Wali Songo juga tidak secara sporadis berda’wah. Seperti membuat parit kecil berisi air sebelum masuk masjid, tidak lain memiliki tujuan agar kaki bersih dan suci karena dahulu tidak banyak sandal. Bukan dimarahi, tapi kreatif dengan membuat media pembersihnya. Hal inilah yang menjadikan Islam cepat berkembang, cepat dipeluk, dan tidak mudah orang-orangnya berpindah agama meski sudah dijajah beratus-ratus tahun lamanya.

About the Author

Ma'mun Affany WA di 085747777728

pin: 56C7E212

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

back to top