Mengapa Wudhu Harus Membasuh Tiga Kali?

Posted by Dastan on 3

Dalam berwudhu setiap orang disunnahkan untuk membasuh bagian-bagian tubuh seperti tangan, wajah, rambut, dan kaki. Sebenarnya yang wajib adalah sekali, artinya tiga kali tidaklah wajib, namun hanya sebatas sunnah semata. Maka jika seseorang berwudhu dan membasuh sebatas sekali, maka wudhunya tetap dikatakan sah. Namun demikian dalam tata cara wudhu ada sebuah hadist yang menyatakan bahwa membasuh bagian tubuh seperti tangan sebanyak tiga kali. Artinya ini yang sangat dianjurkan.

Jika diteliti lebih jauh memang dalam Islam banyak hal, terutama anjuran beribadah yang jumlahnya ganjil. Seperti sholat witir, jumlah bertasbih, 7 atau 11 atau 33. Asmaul husna berjumlah 99. Artinya Allah menyukai sesuatu yang ganjil.

Lebih jauh lagi, sebenarnya dalam ilmu kimia terdapat sebuah teori yang bernama konsentrasi. Dalam teori tersebut dijelaskan bahwa lebih baik dicuci 3 kali daripada dicuci 1 kali dengan volume air yang sama. Contoh jika kita memiliki air 3 liter, maka sebuah sapu tangan akan jauh lebih bersih dicuci tiga kali dengan masing-masing 1 liter air, daripada sekali tapi hanya dengan 1 liter air. Begitu pula dengan wudlu.

Dan juga membasuh tiga kali adalah sebuah perbuatan untuk kesempurnaan perbuatan. Maksudnya, jika kita membasuh sekali, mungkin ada yang belum kena air. Tapi jika membasuh dua kali, maka akan terbasuh bagian yang belum dikenai. Dan jika membasuh tiga kali, maka akan yakin bahwa semua bagian sudah terkena air.

About the Author

Ma'mun Affany WA di 085747777728

pin: 56C7E212

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

3 komentar:

back to top