Cara Menjadi Wanita Sholehah

Posted by Dastan on 1

Pernah melihat sosok Aisyah dalam film Ayat-Ayat Cinta? Jika belum, bayangkan saja istri yang baik, penurut, pintar tapi tidak menggurui, apalagi menjaga anak dengan baik, suka beribadah, menjaga rahasia keluarga, dan lemah lembut. Maka penulis yakin semua laki-laki mengidamkan sosok istri yang demikian.

Dalam Islam tipe istri yang demikian disebut dengan wanita yang sholehah. Sholeh sebenarnya adalah bahasa arab yang memiliki arti baik, tidak rusak, patut, dan bermanfaat. Maka cara menjadi wanita sholehah paling tidak mengikuti arti dasar dari kata tersebut.

Namun demikian bagi yang ingin tahu cara menjadi wanita sholehah, maka paling tidak harus mengikuti beberapa kriteria yang dilukiskan dalam al Qur’an dan hadist. Salah satunya adalah taat kepada suami dan mampu menjaga diri meskipun suaminya tidak ada, atau sendiri di rumah saja (An Nisa: 34).

Hal ini mengingat istri yang tidak sholeh seringkali memang berlawanan dengan kriteria tersebut. Yaitu ketika suami tidak di rumah istri justru menerima tamu laki-laki lain, akibatnya timbul fitnah dan perselingkuhan. Maka penekanan utamanya adalah menjaga diri baik ketika suami ada maupun tidak ada. Bahkan yang ditekankan dalam hadist adalah mampu menjaga harta suaminya ketika ia sendirian saja di rumah.

Dalam at Tahrim ayat 5 dijelaskan lebih rinci kriteria wanita sholehah. Pertama, wanita tersebut ikhlas kepada Allah dalam menjalankan ibadah dan sabar untuk tidak melakukan hal yang dilarang oleh Allah. Kedua, wanita yang taubat dari dosa-dosa yang dilakukan dan kembali kepada jalan kebenaran dengan tidak lupa untuk mengajak suaminya.

Ketiga, wanita yang banyak beribadah kepada Allah. Tentu saja seperti menjaga sholat lima waktu. Mendidik anak-anak juga untuk terut beribadah kepada Allah. Keempat sedikit lebih spesifik, wanita yang mampu berpuasa. Tentu saja ini sangat sulit. Hikmah di dalamnya tidak banyak diungkap apa keistimewaan wanita yang gemar berpuasa. Namun harus diingat bahwa puasa adalah salah satu ibadah yang sangat dicintai Allah, bahkan terang-terangan Allah berfirman bahwa puasa itu untukku. Maka secara tidak langsung wanita tersebut sangat dekat dengan Allah.

Dalam hadist bahkan dijelaskan dengan detil. Yaitu istri yang penuh kasih sayang, memiliki anak yang banyak, jika suaminya marah, maka dia akan mendatangi suami dengan meletakkan tangannya di tangan suaminya (seperti merajut), kemudian mengatakan, “Aku tidak akan tidur sebelum engkau ridha dan memaafkanku” (penulis memodifikasi) (HR. An Nasai dalam Isyratun Nisa).

Namun ada satu hal yang sering menjadikan wanita tersebut belum pantas disebut dengan istri sholehah. Yaitu, mampu menjaga rahasia keluarga, terutama dalam hal hubungan intim. Jika keadaan keluarga sedang kurang baik, kemudian ia menyampaikan baik pada semua orang, kecuali pada sedikit orang yang dipercayainya, maka bisa dikatakan inilah gadis sholehah.

Hemat penulis, jika wanita tidak mampu memenuhi semua yang tersebut, maka cara yang terbaik untuk menjadi wanita sholehah adalah mampu untuk memiliki salah satu dari kriteria yang telah disebutkan tersebut.

Oleh: Ma'mun Affany

About the Author

Ma'mun Affany WA di 085747777728

pin: 56C7E212

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

1 komentar:

  1. Wynn Las Vegas - Mapyro
    Find Wynn 경산 출장안마 Las Vegas (Mapyro). Las Vegas 안산 출장샵 Picture. Overview. 2131 Las 통영 출장안마 Vegas Blvd South Las Vegas, NV 아산 출장마사지 89109. Find map. 3131 Las Vegas Blvd South, 삼척 출장안마

    BalasHapus

back to top