Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Posted by Dastan on 0

Islam dikenal sekarang sebagai salah satu agama terbesar di Indonesia. Yang selalu menjadi pertanyaan adalah sejarah Islam masuk ke Indonesia. Hal ini mengingat bahwa Islam selanjutnya seolah menggantikan agama resmi nusantara ketika itu, yaitu Hindu dan Budha.

Pada dasarnya Islam mulai tersiar sejak 612 M di Mekkah. Artinya jika ada jejak sejarah yang menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia sebelum tahun tersebut adalah fakta yang tidak benar.
Sayangnya tidak ada yang mengetahui pasti kapan Islam masuk ke Indonesia hingga selanjutnya berkembang beberapa tiga teori besar tentang masuknya Islam ke bumi nusantara.

Pertama, teori Gujarat. Teori ini lebih dipelopori oleh orientalis Snouck Hurgronje yang menyatakan bahwa pada abad 13 Islam masuk dibawa oleh pedagang dari Gujarat, India.

Kedua, teori Persia. Pencetusnya adalah P.A Husein Hidayat. Alasannya masih sama bahwa Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang, namun dari Persia (Iran). Dalihnya adalah kemiripan kebudayaan masyarakat Islam Persia dengan Indonesia.

Ketiga, teori Mekkah. Masih sama dengan pembawa agamanya adalah seorang pedagang, namun justru kali ini pembawanya adalah pedagang asli Arab, bukan dari Persia, ataupun Gujarat. Oleh sebab itu secara tahun lebih cepat, yaitu sekitar abad 7 dan 8. Pendukung teori ini adalah Hamka.

Penulis sendiri cenderung lebih memilih teori yang terakhir karena beberapa alasan. Pertama, kerajaan Samudera Pasai ketika itu sudah memeluk Islam, namun dengan menganut madzhab Syafi’i, sedangkan madzhab tersebut lebih banyak digunakan oleh orang-orang Mekkah dan Madinah. Sedangkan Gujarat lebih condong ke penganut Hanafi.

Kedua, raja-raja Pasai justru memiliki gelar al Malik, bukan khan atau sejenisnya, padahal gelar tersebut lebih banyak digunakan di mesir. Oleh sebab itu datangnya Islam di Indonesia justru dibawa langsung oleh pedagang Arab dari Mekkah dan Madinah.

Faktanya justru di abad 13 politik Islam yang diwakili oleh raja-raja muslim sudah berdiri kokoh hampir di seluruh wilayah Indonesia. Artinya tidak mungkin begitu saja Islam masuk pada abad 13 dan langsung mampu mewarnai seluruh penjuru nusantara yang terbagi ke beragam kepulauan.

Ketiga, Indonesia dikenal sebagai sebuah negara yang sangat strategis untuk transit perdagangan. Pedagang Arab ketika masa pemerintahan Daulah Abbasiyah juga melakukan perdagangan menuju China, dan selanjutnya Indonesia menjadi transit paling nyaman. Dari sinilah selanjutnya Indonesia menjadi salah satu tempat penyebaran agama Islam

Buktinya pada abad 15 di mana VOC mulai menduduki negeri nusantara, pergolakan perlawanan sengit terjadi di mana-mana, dan dilakukan oleh muslim. Contoh, Pangeran Diponegoro di Jawa, dan Malahayati di Aceh.

Oleh: Ma'mun Affany

Tagged as:
About the Author

Ma'mun Affany WA di 085747777728

pin: 56C7E212

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

back to top